Soneta XVII - ekologi [merah]
Headlines News :
Home » » Soneta XVII

Soneta XVII

Written By ekologi [merah] on 9.24.2009 | Kamis, September 24, 2009

Pablo Neruda

aku tak mencintaimu seolah-olah kau adalah serbuk mawar, atau batu topaz,
atau panah anyelir yang menyalakan api.
aku mencintaimu seperti sesuatu dalam kegelapan yang harus dicintai,
secara rahasia, diantara bayangan dan jiwa.


aku mencintaimu seperti tumbuhan yang tak pernah mekar
tetapi membawa dalam dirinya sendiri cahaya dari bunga-bunga yang tersembunyi;
terimakasih untuk cintamu suatu wewangian padat,
bermunculan dari dalam tanah, hidup secara gelap di dalam tubuhku.

aku mencintaimu tanpa tahu mengapa, atau kapan, atau darimana
aku mencintaimu lurus, tanpa macam-macam tanpa kebanggaan;
demikianlah aku mencintaimu karena aku tak tahu cara lainnya

beginilah: dimana aku tiada, juga kau,
begitu dekat sehingga tanganmu di dadaku adalah tanganku,
begitu dekat sehingga ketika matamu terpejam akupun jatuh tertidur.

---------



Biography
Pablo Neruda (1904-1973), yang nama aslinya Ricardo Neftalí Reyes Basoalto, lahir di 12 Juli, 1904, di kota Parral di Chili. Ayahnya adalah seorang pegawai kereta api dan ibunya, yang meninggal tak lama setelah ia lahir, seorang guru. Beberapa tahun kemudian ayahnya, yang kemudian pindah ke kota Temuco, menikah lagi Doña Trinidad Candia Malverde. Penyair menghabiskan masa kanak-kanak dan remaja di Temuco, di mana ia juga harus tahu Gabriela Mistral, kepala anak perempuan sekolah menengah, yang mengambil menyukainya. Pada usia tiga belas ia mulai menyumbangkan beberapa artikel untuk harian "La Mañana", di antara mereka, Entusiasmo y Perseverancia - publikasi pertamanya - dan puisinya yang pertama. Pada tahun 1920, ia menjadi seorang kontributor untuk jurnal sastra "Selva Austral" di bawah nama pena Pablo Neruda, yang diadopsi dalam memori dari penyair Ceko Jan Neruda (1834-1891). Beberapa puisi Neruda menulis pada waktu itu dapat ditemukan dalam buku yang diterbitkan pertama: Crepusculario (1923). Tahun berikutnya melihat publikasi Veinte Poemas de amor y una cancion desesperada, salah satu yang terbaik dan paling terkenal karya diterjemahkan. Di samping kegiatan sastra, Neruda belajar Perancis dan pedagogi di Universitas Chile di Santiago.

Antara 1927 dan 1935, pemerintah memberinya tugas dari sejumlah kehormatan consulships, yang membawanya ke Burma, Ceylon, Jawa, Singapura, Buenos Aires, Barcelona, dan Madrid. Puitisnya produksi selama periode yang sulit termasuk, antara lain bekerja, kumpulan puisi esoteris surealistik, Residencia en la tierra (1933), yang menandai terobosan sastra.

Perang Saudara Spanyol dan pembunuhan García Lorca, yang Neruda tahu, dipengaruhi dengan kuat dan membuatnya bergabung dengan gerakan Republik, pertama di Spanyol, dan kemudian di Perancis, di mana ia mulai bekerja di kumpulan puisi España en el Corazón (1937 ). Pada tahun yang sama ia kembali ke negara asalnya, yang ia telah ingat, dan puisi selama periode berikutnya ditandai oleh orientasi terhadap masalah-masalah sosial dan politik. España en el Corazón memiliki dampak yang besar berdasarkan yang sedang dicetak di tengah bagian depan selama perang saudara.

Pada 1939, Neruda diangkat sebagai konsul untuk emigrasi Spanyol, bertempat tinggal di Paris, dan, tak lama setelah itu, Konsul Jenderal di Meksiko, di mana ia menulis ulang nya Canto General de Chile, mengubahnya menjadi sebuah epik puisi tentang seluruh benua Amerika Selatan, sifatnya , orang-orangnya dan takdir sejarahnya. Karya ini, yang berjudul Canto General, diterbitkan di Meksiko 1950, dan juga bawah tanah di Chili. Terdiri dari sekitar 250 puisi dibawa bersama ke lima belas siklus sastra dan merupakan bagian tengah produksi Neruda. Tak lama setelah publikasi, Pupuh Jenderal diterjemahkan ke dalam beberapa sepuluh bahasa. Hampir semua puisi ini diciptakan dalam situasi yang sulit, ketika Neruda tinggal di luar negeri.

Pada tahun 1943, Neruda kembali ke Chili, dan pada 1945 ia terpilih sebagai senator dari Republik, juga bergabung dengan Partai Komunis Chili. Karena protes melawan Presiden González Videla kebijakan represif terhadap para penambang mencolok pada tahun 1947, ia harus hidup di bawah tanah di negerinya sendiri selama dua tahun sampai ia berhasil keluar pada tahun 1949. Setelah tinggal di negara-negara Eropa berbeda ia kembali ke rumah pada tahun 1952. Sebagian besar dari apa yang diterbitkan selama periode itu menanggung cap kegiatan politiknya; satu contoh adalah Uvas Las y el Viento (1954), yang dapat dianggap sebagai buku harian Neruda pengasingan. Dalam Odas elementales (1954 - 1959) pesannya diperluas ke deskripsi yang lebih luas di dunia, di mana objek madah - hal-hal, kejadian dan hubungan - yang sepatutnya disajikan dalam bentuk abjad.

Neruda produksi ini sangat luas. Sebagai contoh, dengan Obras Completas, terus ulang, terdiri dari 459 halaman pada tahun 1951, pada tahun 1962 jumlah halaman adalah 1.925, dan pada tahun 1968 berjumlah 3.237 itu, dalam dua jilid. Di antara karya-karyanya dari beberapa tahun terakhir dapat disebutkan Cien sonetos de amor (1959), yang meliputi puisi-puisi yang didedikasikan untuk istrinya Matilde Urrutia, Memorial de Isla Negra, sebuah karya puitis sebuah karakter autobiographic dalam lima jilid, yang diterbitkan pada kesempatan nya ulang tahun keenam puluh, Arte de pajáros (1966), La Barcarola (1967), drama Fulgor y muerte de Joaquín Murieta (1967), Las Manos del día (1968), Fin del mundo (1969), Las Piedras del cielo (1970 ), dan La espada encendida.

 
Bekerja lebih
Geografía infructuosa / Barron Geografi (puisi), 1972
El mar y las campanas / The Sea dan Bells, tr. (puisi), 1973
Incitación al nixonicidio y alabanza de la revolución chilena / A Call untuk Penghancuran Nixon dan Pujian untuk Chili Revolusi, terj. (puisi), 1974
El corazón Amarillo / The Yellow Heart (puisi), 1974
Defectos escogidos / Dipilih Limbah Kertas (puisi), 1974
Elegía / Elegy (puisi), 1974
Confieso que dia vivido. Memorias / Memoirs, tr. (prosa), 1974
Para nacer ia nacido / Gairah dan Jejak, tr. (prosa), 1978

Dari Nobel Lectures, Literature 1968-1980, Editor-in-Charge Tore Frängsmyr, Editor Sture Allen, World Scientific Publishing Co, Singapura, 1993

Ini otobiografi / biografi ini ditulis pada saat penghargaan dan pertama kali diterbitkan dalam seri buku Les Prix Nobel. Itu kemudian disunting dan diterbitkan ulang di Nobel Lectures. Untuk mengutip dokumen ini, selalu negara sumber seperti yang ditunjukkan di atas.


Pablo Neruda meninggal pada 23 September 1973.
Bookmark and Share

Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. ekologi [merah] - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger